Sejarah Baru Playoff NBA, Jangan Pandang Sebelah Mata Tim Peringkat Delapan

Format searah baru playoff NBA memang tidak segera seperti yang diaplikasikan kini. Terjadi beberapa pergantian semenjak 1947, sampai yang terakhir diaplikasikan ialah revisi hukum playoff tahun 2007. Namun yang menarik ialah semenjak 1984, dikala NBA mengaplikasikan hukum peringkat satu berhadapan dengan peringkat delapan. Faktanya, justru pun sejarah mencatat beberapa kali tim papan bawah dapat menundukkan tim favorit pertama.

Sedikit membahas mengenai perkembangan bentuk playoff. Pada tahun 1984, NBA mulai mengaplikasikan hukum bahwa tim yang lolos playoff diubah menjadi 16 tim, dengan rincian delapan tim dari Wilayah Barat dan delapan tim Wilayah Timur. Namun istilah putaran pertama dikala itu masih mengaplikasikan sistem best-of-five.

Perubahan terakhir terjadi pada tahun 2007. Selain telah mengaplikasikan hukum best-of-seven untuk segala fase, NBA juga memegang supaya tim favorit pertama, tidak bertemu tim favorit kedua di semifinal. Jadi jikalau pun mereka bertemu, karenanya dapat terjadi di final Wilayah. Namun yang menarik ialah tidak selamanya favorit pertama dan kedua ialah yang terbaik.

Sejarah Baru Playoff NBA, Jangan Pandang Sebelah Mata Tim Peringkat Delapan

Cerita Unggulan Kedelapan

Tahun ini, untuk ketiga kalinya dalam sejarah liga, Orlando Magic menjadi unggukan kedelapan di babak playoff. Dua kali sebelumnya terjadi di tahun 2003 dan 2007. Di dua edisi hal yang demikian, Magic senantiasa kalah dari Detroit Pistons di babak pertama.

Dengan banyaknya cerita-cerita kekalahan favorit kedelapan, banyak yang menganggap bahwa mereka ialah tim terlemah di playoff. Faktanya semenjak playoff dihasilkan 16 tim pada tahun 1984, favorit pertama telah menumbangkan favorit kedelapan sebanyak 67 kali dari 72 seri playoff putaran pertama.

Namun jangan salah, ada beberapa seri yang menjadi momentum bersejarah di NBA.

Sejarah Baru Playoff NBA, Jangan Pandang Sebelah Mata Tim Peringkat Delapan

Pertama kali favorit kedelapan menyingkirkan favorit pertama terjadi pada tahun 1994. Kala itu, Denver Nuggets kapabel bangkit setelah sempat tertinggal 0-2 dari Seattle Supersonics di gim best-of-five. Pada perlombaan terakhir, Robert Pack mencetak 23 poin dari daerah duduk cadangan. Kemudian Bison Dele mencetak 17 poin dan 18 rebound, lalu Dikembe Mutombo menambahkan 15 rebound yang jadi penentu kemenangan Nuggets.

Sejarah Baru Playoff NBA, Jangan Pandang Sebelah Mata Tim Peringkat Delapan

Pada tahun 1999, New York Knicks menumbangkan peringkat pertama Miami Heat. Allan Houston menjadi penentu kemenangan melalui tembakannya di sisa 0,8 detik. Knicks menjadi tim pertama sekalian satu-satunya favorit kedelapan yang melaju ke Final NBA. Namun dikala itu mereka kalah dari San Antonio Spurs.

Sejarah Baru Playoff NBA, Jangan Pandang Sebelah Mata Tim Peringkat Delapan

Kemudian NBA mengubah jadi best-of-seven untuk putaran pertama. Pada tahun 2007, Golden State Warriors menjadi tim favorit delapan yang kapabel menumbangkan favorit pertama Dallas Mavericks. Mavericks dikala itu betul-betul kuat di musim reguler, sehingga jadi favorit juara. Namun Warriors membuyarkan ramalan hal yang demikian. Baron Davis rata-rata mencetak 25,0 poin per gim di putaran pertama. Disusul Stephen Jackson dengan catatan rata-rata 22,8 poin per gim, serta Jason Richardson yang kapabel menjadikan 19,5 poin per gim.

Pada tahun 2011, Memphis Grizzlies yang tidak pernah tampil di playoff selama lima musim sebelumnya, justru kapabel menumbangkan San Antonio Spurs dalam enam gim putaran pertama. Gizzlies dianggap sebagai “pembunuh raksasa” dikala itu. Zach Randolph benar-benar mengungguli Regu Duncan sepanjang putaran pertama, dengan rata-rata 21,5 poin dan 9,2 rebound.

Kemudian, Philadelphia 76ers yang diperkuat Jrue Holiday, Andre Iguodala, dan Lou Williams pernah menumbangkan Chicago Bulls pada tahun 2012. Sekali lagi, jangan meremehkan tim favorit kedelapan. Namun kala itu ada unsur besar yang membuat Bulls kalah, ialah Derrick Rose cedera ACL lutut kiri di gim pertama. Walaupun Rose disuarakan sebagai MVP liga musim sebelumnya.

Kembali ke liga tahun ini. Magic sebagai favorit kedelapan, terang akan berjuang keras memberikan konfrontasi bagi Milwaukee Bucks, yang dipimpin MVP 2019 Giannis Antetokounmpo sekalian finalis MVP musim ini. Sejarah mencatat bahwa ini akan jadi pertemuan kedua bagi Magic dan Bucks di sejarah baru playoff NBA. Sebelumnya, terjadi di tahun 2001, dikala Bucks menyapu bersih empat perlombaan dari Magic.

Namun seperti yang disebut-ucap para pengamat basket bahwa playoff punya wangi-wangian berbeda. Segala tim akan tampil habis-habisan di playoff. Tahun ini, sejarah baru playoff NBA di Orlando akan dimulai pada 17 Agustus 2020 waktu setempat.

Sejarah Baru Playoff NBA, Jangan Pandang Sebelah Mata Tim Peringkat Delapan

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *